You are here:

Hang Tuah Model Boat Universitas Hangtuah Surabaya

JA slide show

Lastest News

Apr30

Selamat kepada tim HTMB atas Prestasi Juara 1 Kompetisi Kapal Cepat PESIAR 2015

 
Universitas Hang Tuah, Universitas yang bertempat di Jl. Arief Rahman Hakim no. 150, Surabaya,  rabu, 22 april 2015 kemarin mendapat kesempatan untuk menjelajahi birunya laut jawa dan indahnya kota Makassar.
Tim boat yang diwakili oleh mahasiswa Teknik Perkapalan dari Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) yang bekerja sama dengan Tim dari Hang Tuah Model Boat (HTMB), mengirim armadanya untuk unjuk kebolehan dalam men-design kapal cepat dan mengikuti race di Universitas Hassanudin, Makassar.
Pada kesempatan kali ini Universitas Hang Tuah meluncurkan dua electric RC boat yang bertipe catamaran (Kapal dengan dua lambung) dan V hull (kapal dengan lambung berbentuk huruf  V). Ya, keduanya dirancang untuk melesat diatas air dengan kecepatan maksimum dan memiliki maneuver yang baik untuk menyelesaikan lintasan yang sudah disediakan oleh panitia.
Pada saat sea trial atau percobaan laju kapal di air, salah satu Tim Universitas Hang Tuah mengalami kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada kapal V hull sehingga tidak dapat mengikuti race pada perlombaan yang akan dilaksanakan esok harinya. Akan tetapi hal ini memberikan satu ide dan pemikiran baru untuk menciptakan kapal baru dengan bahan dan design yang lebih baik sehingga mampu menahan power dari mesin pendorong dan hempasan gelombang baik yang diciptakan oleh pergerakan kapal itu sendiri maupun gelombang yang diciptakan oleh angin yang berhembus di danau tempat para peserta bertanding.
Hari perlombaan pun tiba, Tim dari Universitas lainnya sudah tampak sibuk dengan boat mereka masing – masing, ada yang melakukan setting pada alat penggerak boat mereka dan melakukan setting pada remote control yang akan mereka pakai untuk menyesuaikan frekuensi remote agar dapat diterima receiver kapal pada saat kapal berada jarak yang terjauh di lintasan tersebut, bahkan ada pula peserta yang mencoba kembali lintasan untuk meyakinkan driver-nya bahwa boat yang mereka kendalikan siap untuk bersaing dengan boat – boat peserta lainnya dan ada pula yang melakukan analisis baik pada boat serta aliran air dan udara yang dapat mempengaruhi laju boat pada lintasan yang dibantu oleh Dosen Pembina masing – masing, pada kesempatan kali ini Tim dari Universitas Hang Tuah dibimbing oleh bapak Ali Munazid ST., MT. dan bapak Dr. Bagiyo Suwasono ST., MT.
Perlombaan pun dimulai, penonton dan pendukung dari setiap tim sudah mengatur posisi sedemikian untuk mendukung tim dari universitas mereka. Para timer dan para driver bersiap ditempat yang telah disediakan oleh panitia,  sesi pertama diawali dengan speed test yaitu lomba untuk beradu cepat kemudian dilanjutkan dengan maneuver test dan boat yang tercepat dalam menyelesaikan kedua lintasan tersebutlah yang akan dinyatakan sebagai pemenang. Dengan sisa satu armada Universitas Hang Tuah dapat menyelesaikan lintasan dengan mulus sehingga bertemu dengan tuan rumah yaitu Universitas Hassanudin di final race.
Perlombaan semakin sengit, anggota tim lain mengalami tekanan yang sama seperti yang dirasakan para driver. Setelah race berakhir, tiba saatnya penilaian dan akumulasi nilai yang dilakukan oleh para juri. Untuk kategori speed dan maneuver dimenangkan oleh Universitas Hang Tuah dan diikuti oleh tuan rumah yaitu Fakultas Teknik Mesin dari Universitas Hassanudin sebagai runner up. Pada saat penyerahan hadiah kedua tim yang dinyatakan sebagai pemenang saling mengabadikan moment kemenangan mereka dan berjabat tangan tanda lomba yang berjalan dengan sportifitas tinggi telah berakhir.
 
More Articles...
Page 5 of 6