You are here:

Hang Tuah Model Boat Universitas Hangtuah Surabaya

Makalah

E-mail Print PDF

Model kapal/perahu (boat/ship model) adalah model/miniatur kapal/boat yang sesuai skala, model tersebut bisa bergerak (dinamis) maupun diam (statis). Berdasarkan penggeraknya ada 4 (empat) katagori : 1) Gasoline Engine Boat Model, 2) Nitro Engine Boat Model, 3) Electric Boat Model, dan 4) Sailing Yacht Model. Sedangkan tipe boat model yang digunakan/dikembangkan dalam RC/Boat Modeling ada beberapa tipe: Deepvee, Catamaran, Trimaran, Hydroplan, Outrigger, V-Hull, dll.Partisipasi Universitas Hang Tuah Surabaya dalam kegiatan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2013 (KKCTBN/ROBOBOAT 2013) yang di selenggarakan oleh DIKTI dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember sebagai peserta dalam katagori II (Kapal Cepat Manual System Remote Control), keikutsertaan tersebut tim Universitas Hang Tuah memilih dan mengajukan tipe kapal Hydroplan.

Proses pembuatan RC/Boat Model dimulai dengan perencanaan, hasil perencanaan didapatkan rencana bentuk, lay out model, sistem kotrol, sistem permesinan. Dari hasil perencanaan tersebut selanjutnya dilakukan pembuatan badan boat model, selanjutnya setelah badan boat model siap dilakukan perakitan atau pemasangan komponen sistem permesinan dan kontrol yang dibuat dan diadakan/dibeli. Setelah pemasangan sistem terpasang dengan sempurna selanjutnya di lakukan percobaan di Kolam. Setelah serangkaian uji coba selesai, diamana performance dari model diketahui dan siap untuk mengikuti KKCTBN 2013.

Dalam KKCTBN 2013 untuk katagori Manual System Remote Control mengirim model dengan spesifikasi teknik sebagai berikut : Spesifikasi badan model: Tipe Hydroplan, Bahan Kayu lunak/Balsa, Panjang 567mm, Lebar 272mm, Tinggi 96mm,; Motor : BrushLess Leopard, Servo 1 buah, receiver 2 chenel, propeller 2 blade. Dengan system kemudi yang ada di pasaran.


Kata Kunci : Boat Model, Hydroplan, kayu lunak.

 

Last Updated ( Monday, 25 November 2013 21:07 )